Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suka Duka Menjadi Youtuber di Tahun 2020, Youtubers Pemula Harus Tahu Ini

Josuaroy.com - Salah satu youtuber berbagai cerita perjalanannya menjadi seorang youtuber pemula. Suka duka hingga berpenghasilan sudah dijalaninya, seperti apa ceritanya berikut di bawah ini.

TERIMAKASIH GURUKU DEN JC

Tidak ada bermaksud pamer sedikit pun, karena di luar banyak penghasilannya di atas punya saya pastinya.

Saya ingin bercerita sedikit, selama saya merintis channel sebagai youtuber pemula. Siapa tahu saja bermanfaat, ambil baiknya buang jeleknya. Jujur saya sedikit miris melihat banyaknya keluhan-keluhan di para youtubers

- Masa views saya tidak naik!
- Masa subscribers saya tidak nambah!
- Masa saya setahun ngeyoutube masih begini saja!
- Udah coba beberapa cara maksimalkan SEO/kata kunci, thumbnail bagus tetapi tetap sepi penonton, rasanya pengen berhenti saja ngeyoutube!
-Tidak semangat meng-upload setelah dimonetisasi!

Inilah keluhan yang paling sering saya lihat

Sekedar informasi, pertama kali saya upload video pada tanggal 11 September 2019 hanya menggunakan smartphone lenovo K5.

Saat itu, tidak punya tripod jadi smartphone diletakkan di atas kursi yang bersender denga tembok. Bukan hanya itu, saya juga tidak memiliki mic ekternal, tidak memiliki lighting, tetapi menggunakan lampu penerangan kamar, pengeditan menggunakan aplikasi kinemaster.

Hasil video pertama sangat tidak bagus, karena saya pengangguran, jadi saya terus belajar agar hasilnya bagus.

Usaha Maksimal ?

Mencoba cari informasi seputar youtuber pemula baik di grub facebook (fb) maupun di channel-channel youtube yang membahas seputar youtubers pemula. Langkah-langkah yang saya alami dulu yakni mencari sebanyak-banyaknya channel turotial youtubers pemula, setelah itu pilih satu yg pembahasannya paling mudah dipahami oleh kita.

Saat belajar editing di kinemaster dan memperlajari seputar SEO, tags dan lain sebagainya. Saya dulu pakai 2 smartphone, satu untuk nonton dan satu lagi untuk praktik, serta sampai tidak puas praktik lagi dan play video lagi, seperti itu sampai seterusnya.

Berusaha punya keyakinan kalau kita itu pasti bisa, asal ada kemauan yang tinggi.

Jangan Mau Kejar 1.000 Subscriber dan 4.000 Jam Tayang, Anda Harus Tahu Ini!.

Saya masih ingat dengan salah satu youtuber tutorial youtube yang sampai saat ini saya anggap sebagai guru saya. Beliau mengatakan "HANYA ORANG GILA YANG MAU JADI YOUTUBER" dan ternyata benar apa yang dikatakan beliau. Karena banyak sekali rintangan dan rasa jenuh yang harus kita lalui.

Alur Cerita Channel Youtube Saya

Pembuatan channel sampai monetisasi.

Channel saya pembahasan pinjaman online dan hutang-piutang dibuat pada 11 September 2019.

Seperti kita ketahui target utama pastinya 4.000 jam dan 1.000 subscriber dan alhamdullilah kurang dari 2 bulan sudah memenuhi target tersebut.

1.000 subscriber pertama didapat dari promosi di WhatsApp (Wa), setelah itu semuanya didapat murni dari dasar minat penonton subscribers channel saya, bukan dari sub4sub atau beli subscribers, karena saya selalu tanamkan di pikiran saya agar orang subscribe karna suka video saya bukan karena dipaksa.

Sambil menunggu peninjauan monetisasi saya terus belajar SEO dan terus konsisten upload 2-4 video/minggu. Hasilnya 48 hari tepatnya pada 15 Desember 2019 dapat email monetisasi disetujui. Saat itu berarti hanya waktu umur 3 bulan channel saya sudah dimonetisasi dengan 3.000 subscribers.

Keseriusan Setelah Channel Dimonetisasi

Saya masih ingat, hari pertama saya memdapat penghasilan yakni 4$ dari 51 video dan hari kedua 12$. Senang sekali akhirnya video saya bukan hanya ditonton tetapi sudah dibayar. Di benakku pada saat itu harus lebih semangat dari sebelumnya.

Setelah lihat hasil dollar saat sudah dimonetisasi, semua patah semangat. Seperti ini teman-teman, saya sendiri pun awalnya benar-benar tidak tahu kalau ternyata setiap channel, setiap tema, konten, bahkan dalam satu channel setiap video itu CPM-nya bisa berbeda. Belum lagi iklan yang muncul di video kita berapa kali. Intinya banyak yang mempengaruhi pendapatan. Jadi untuk teman-teman yang sudah monetisasi kalau bisa janganlah mengeluh kita harus bersyukur, di luar sana banyak orang yang masih berjuang untuk mencapai target monetisasi. Yang jelas saya terus berusaha, semangat bikin video, bahkan sangkin semangatnya terkadang sehari bisa dua video di-upload video. Sekedar informasi sampai detik ini video saya tidak terasa sudah 216 video.

Seputar Penghasilan

Banyak yang mengatakan tentang ngeyoutube itu cukup dijadikan hobi jangan dijadikan penghasilan utama. Nah yang berpendapat seperti ini secara tidak langsung kalian punya penghasilan lain di luar youtube, kalau dari youtube hasilnya kecil kenapa mengeluh? ini hanya hobi dan penghasilan tambahan.

Bagi anda yang ngeyoutube full time atau sebagai pekerjaan utama/penghasilan utama, daripada mengeluh lebih baik cari informasi untuk menaikan CPM atau cari akal untuk upload video sebanyak-banyaknya, sebelumnya seminggu 2x menjadi 4x.

Tips Untuk Youtuber

Untuk teman-teman yang masih memulai youtube atau masih berjuang menempuh jam tayang dan subscribers. Saran saya seperti yang pernah saya alami dulu, buatlah video asli karya kalian sendiri pelajari seputar copyright, buang jauh-jauh pikiran sub4sub ataupun membeli subscribers. Buang jauh-jauh dari pikiran anda, akan kaya mendadak setelah jadi youtuber atau maunya instan dan yang terpenting terus belajar, jangan mudah menyerah bila perlu dalam belajar berpikirlah orang lain aja bisa kenapa saya tidak bisa. Karena semua butuh perjuangan. Intinya ayo kita belajar bersama untuk maju bersama atas nama Youtubers Indonesia.

1 comment for "Suka Duka Menjadi Youtuber di Tahun 2020, Youtubers Pemula Harus Tahu Ini"

  1. Keterangan" Anda sangat bagus dan bisa menjadi motifasi saya untuk terus berjuang walaupun hinaan cemooh dari orang lain bahkan keluarga sendiri sangatlah pait.saya hanyalah orang yg berpendidikan rendah,pekerjaan saya adalah tukang bangunan musiman.saya kerja kalo ada yg nyuruh.kalo tidak ada ya jd tukang nganggur.saya sudah menikah punya 2 anak.saya mmpunyai cita" Ingin menyekolahkan anak" Saya setinggi mungkin supaya tidak seperti bpknya.tapi apakah bisa seoarang tukang musiman seperti saya menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi... PASTI BISA... saya yakin apapun yg terjadi di dunia ini sudah ada yg mengatur.walaupun begitu saya harus terus berusaha.
    Belum lama ini saya coba" Untuk membuat conten youtube dan berharap bisa menghasilkan uang dr youtube,saya memulainya sdh sebulan ini,saya selalu belajar bgmn si supaya video kita di tonton orang,tetapi itu sangatbsulit.dan saya hanya bermodalkan HP android murahan.
    Saya sempat ingin menyerah tetapi setelah saya mmbaca ulasan anda semangat saya bangkit kembali.
    Saya ucapkan bnyak terimaksih kpd anda doakan saya jg supaya cpt lolos monetisasi.aamiin...

    ReplyDelete